Sekda Kota Lhokseumawe : Aparatur Daerah Harus Paham Hukum

Sekda Kota Lhokseumawe : Aparatur Daerah Harus Paham Hukum

Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe Dasni Yuzar menyatakan, setiap aparatur pemerintahan sangat diharapkan untuk mengerti hukum, karena merupakan salah satu aturan main dalam penyelenggaraan negara.

Saat membuka kegiatan Bina Kadarkum di Lhokseumawe, Kamis, ia mengatakan, penghormatan terhadap supremasi hukum tidak hanya dimaksudkan dengan perundang-undangan yang berlaku, akan tetapi bagaimana hukum yang dibentuk benar-benar dapat dilakukan, sehingga hukum dapat berfungsi sebagai sarana dasar penggerak aktivitas kehidupan bernegara, pemerintahan dan kemasyarakatan.

Oleh karena itu, dalam upaya menciptakan hukum agar dapat berfungsi sebagai sarana dasar penggerak maka hukum harus dapat ditegakkan dan diterima sebagai salah satu bagian dari sistem nilai kemasyarakatan yang bermanfaat bagi warga masyarakat.

Pada kesempatan itu, Dasni Yuzar mengharapkan kepada peserta Bina Kadarkum menjadikannya sebagai titik tolak supremasi hukum di lingkungan pemerintahan Kota Lhokseumawe, di mana dapat memberi pemahaman dan pengetahuan tentang hukum bagi semua.      Baik di tingkat aparatur pemerintahan, para penegak hukum maupun masyarakat sebagai warga negara, karena semua punya kedudukan yang sama di mata hukum dan sebagai subyek hukum, jelas Setdako Lhokseumawe itu.

Kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Hukum Pemkot Lhokseumawe itu, diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari unsur aparatur pemerintah yang ada di tiap SKPD yang ada di lingkungan Pemkot Lhokseumawe, para geusyik (kepala desa-red), yang ada di Kecamatan Banda Sakti dan Kecamatan Muara Dua, dari unsur kepolisian, unsur kejaksaan dan pengadilan negeri setempat.

Sementara yang menjadi pemateri adalah, Kapolres Lhokseumawe, Kajari Lhokseumawe dan juga dari Pengadilan Negeri Lhokseumawe.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shared on wplocker.com